Purnamatravel’s Blog

Customer is my family

KETUPAT KANDANGAN

Kota Kandangan merupakan Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), merupakan kota transit bagi kendaraan umum dari Kota Banjarmasin yang akan menuju ke kota lainnnya atau sebaliknya.

Kota kecil ini, memiliki terminal yang cukup sibuk dan sebuah bangunan pasar tua dengan bentuk arsitektur yang mengesankan peninggalan era kolonial. Jika anda singgah di kota ini, cobalah makanan khas Kabupaten HSS Kandangan yang lezat yaitu Ketupat yang dimakan dengan Gulai Ikan Harua (gabus).

Apabila melangkahkan kaki ke daerah Kandangan Kabupaten HSS ini, di setiap warung makanan di pinggir Jalan A Yani, Trans Kalimantan, nyaris semuanya menyediakan menu yang namanya Ketupat Kandangan. Parincahan adalah satu kawasan yang bisa dikatakan sentralnya ketupat kandangan yang terkenal sejak era 1980 an sampai sekarang. Di ruas Jalan A Yani, tepatnya mulai Simpang Lima sampai arah menuju luar kota menuju Kota Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) akan ditemui deretan warung Ketupat.

Ketupat kandangan disediakan dengan gulai santan dan ikan haruan yang dipanggang menggunakan arang kayu dan batok kelapa. Gulai ikan haruan ini juga disajikan dengan cara khas daerah Kandangan. Ikan tidak langsung dicampur dengan kuah gulai, tetapi dibikin terpisah. Setelah dipanggang dalam tusukan sate, barulah haruan (gabus) ini dicelup dalam kuah gulai lalu disajikan bersama potongan-potongan ketupat.

Ikan haruan atau gabus (Ophiocephalus striatus atau Channa striatus) adalah jenis ikan yang banyak hidup di rawa-rawa, bahkan di genangan-genangan air yang masam di Kalimantan Selatan (Kalsel). Dapat dikatakan ikan haruan adalah makanan rakyat Banjar yang umumnya disantap bersama ketupat kandangan. Inilah makanan yang menduduki nilai penting dalam hidangan makanan khas Kalsel.

Bahkan, untuk ikan haruan berapa pun harganya di pasaran akan dibeli warga demi melengkapi hidangan makanan khas, terutama untuk hidangan ketupat kandangan.

Sementara itu, Warung ketupat Kandangan yang terkenal ialah ‘ Warung Ketupat Kaganangan’. Berada di kawasan Parincahan bersebelahan juga dengan warung ketupat yang lainnya. Di warung ini, ketupat ditawarkan dengan satu porsi plus minumnya hanya Rp16.000.
Cukup puas menikmati langsung kuliner Kabupaten HSS, jika langsung datang ke warung tersebut. Tak sedikit para pelancong yang datang ke Kabupaten HSS, tidak pernah melewatkan untuk singgah di warung yang khas menjual ketupat Kandangan tersebut.

Maret 25, 2011 - Posted by | Wisata Kuliner | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: