Purnamatravel’s Blog

Customer is my family

PASAR TERAPUNG

Pasar Terapung Muara Kuin adalah Pasar Tradisional yang berada di atas Sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung, sebutan Perahu dalam Bahasa Banjar. Pasar ini mulai setelah  shalat Subuh sampai selepas pukul 07:00 pagi. Matahari terbit memantulkan cahaya di antara transaksi sayur-mayur dan hasil kebun dari kampung-kampung sepanjang aliran sungai Barito dan anak-anak sungainya.

Dengan menyaksikan panoramanya, wisatawan seakan-akan sedang tamasya. Jukung-jukung dengan sarat muatan barang dagangan sayur mayur, buah-buahan, segala jenis ikan dan berbagai kebutuhan rumah tangga tersedia di pasar terapung. Ketika matahari mulai muncul berangsur-angsur pasar pun mulai menyepi, sang pedagang pun mulai beranjak meninggalkan pasar terapung membawa hasil yang diperoleh dengan kepuasan.

Suasana pasar terapung yang unik dan khas adalah berdesak-desakan antara perahu besar dan kecil saling mencari pembeli dan penjual yang selalu berseliweran kian kemari dan selalu oleng dimainkan gelombang sungai barito. Pasar terapung tidak memiliki organisasi seperti pada pasar di daratan, sehingga tidak tercatat berapa jumlah pedagang dan pengunjung atau pembagian pedagang berdasarkan barang dagangan.

Pasar terapung di Banjarmasin ada 2 tempat,

1.      Di sungai Barito yaitu Muara sungai kuin

Disini juga terdapat Pulau Kembang yaitu pulau kecil ditengah sungai barito yg dihuni ratusan kera berekor. Jadi wisatawan bisa mampir ke pulau ini untuk mengunjunginya. Tetapi kalau disini jumlah pedagang pasar terapungnya sedikit karena lokasi pasar sudah dapat diakses melalui jalan darat. Jam Operasional selesai shalat subuh sampai jam 07.00 wita.

2.      Di Lok Baintan, Kab. Banjar yaitu di sungai Martapura.

Pasar ini masih alami karena memang pedagang datang dari berbagai penjuru wilayah dan menggunakan jukung sehingga jumlah pedagang dan dagangannya lebih banyak dibandingkan dengan pasar terapung yang di Kuin. Selain melihat pasar juga bisa melihat kehidupan masyarakat Banjarmasin yang hidup di tepian sungai. Juga bisa menikmati makanan khas banjar yaitu Soto Banjar. Jam Operasional selesai shalat subuh sampai jam 08.00 wita.

Maret 23, 2011 - Posted by | Obyek Wisata Kalimantan Selatan | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: