Purnamatravel’s Blog

Customer is my family

PASAR INTAN MARTAPURA

Pasar Intan Martapura atau yang bernama Cahaya Bumi Selamat ini (CBS) adalah pasar batu intan dan permata di Martapura. Kedengarannya mewah banget ya, tapi ternyata seperti biasa saja tidak seperti toko perhiasan di mal yg tampak mewah. Pasar ini merakyat dan di sini dijual aneka perhiasan dari batu permata, baik yang masih berupa batu maupun yang sudah dipadukan sebagai perhiasan. Harganya mulai dari yang murah sampai yang harganya selangit ada. Lokasinya di pusat kota martapura, berhadapan dengan kantor bupati dan DPRD Kab. Banjar.

Sekitar 7 km dari kota martapura terdapat pendulangan intan yang dilakukan dengan cara tradisional oleh rakyat, bukan oleh company. Batu dulangan digali dari dalam tanah lalu dicuci dan disortir, kalau tidak terlihat batu intan lalu dulangan itu dibuang, dan mulai mendulang lagi begitu seterusnya. Dengan cara itu tidak setiap hari seorang pendulang akan mendapatkan intan. Tapi kalau mendapatkan intan maka orang itu harus mengumandangkan shalawat nabi dan mengulum intan temuannya ke dalam mulutnya. Seorang pendulang dilarang melakukan perbuatan yang dianggap tabu, misalnya mengibaskan pakaian, kencing di lubang pendulangan, kentut di lubang pendulangan, bersiul-siul, bernyanyi, dan tertawa terbahak-bahak.

Kota martapura sekarang adalah ibukota Kabupaten Banjar, dulunya adalah ibukota kesultanan banjar. Martapura mayoritas penduduknya beragama islam, dan dalam jual beli masih ada akad jualĀ  beli seperti diajarkan dalam agama islam.
Sebagai bekas kesultanan, tulisan arab masih dipakai sampai sekarang bersama-sama dengan tulisan latin, nama kantor pemerintah ditulis dengan huruf latin dan huruf arab.

Maret 23, 2011 - Posted by | Obyek Wisata Kalimantan Selatan | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: